Jumat, 30 November 2012

Faktor-faktor yang Dipertimbangkan dalam Pembangunan


A.     Nilai dan Norma yang Berlaku dalam Masyarakat

Nilai adalah perasaan tentang apa yang baik atau apa yang buruk, apa yng di inginkan atau apa yang tidak diinginkan  atau apa yang harus dan apa yang tidak boleh dilakukan. Nilai adalah masalah yang abstrak dan sifatnya normative serta mempunyai sangsi yang lemah.Nilai berfungsi sebagai tata kelakuan yang mengatur dan mengendalikan serta member arah kepada kelakuan dan perbuatan manusia dalam masyarakat. Pewarisan nila-nilai berangsung sepanjang hayat dengan cara langsung(vertical) dan tidak langsung(horizontal)

B.      Struktur, Stratifikasi  dan Dinamika Masyarakat
Struktur sosial adalah sebuah tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat.Di dalam tatanan tersebut terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan yang menunjuk pada suatu keteraturan prilaku.

Stratifikasi sosial merupakan hasil kebiasaan hubungan antar manusia secara teratur dan tersusun, sehingga setiap orang, setiap saat mempunyai situasi yang menentukan hubungan dengan orang lain secara vertical maupun horizontal.Dasar stratifikasi adalah pembagian pekerjaan. Pembentukan lapisan dalam masyarakat sekaligus merupakan proses pembentukan struktur sosial. Dalam stratifikasi dibedakan antara system lapisan dan system kelas/kasta. Sistem kelas mencerminkan suatu masyarakat dimana ksempatan untuk naik tangga sosial lebih sukar dan hampir tertutup. Sistem berlapis/startifikasi memungkinkan orang turun tangga sosial.




C.     Kepemimpinan  dalam Masyarakat
Kepemimpinan (leadership) adalah kemampuan dari seseorang untuk mempengaruhi orang lain sehingga orang tersebut bertingkah laku seperti yang dikehendaki oleh pemimpin tersebut.
Ada beberapa jenis pemimpin yang dapat ditemui dalam masyarakat:
a.Resmi(formal leader)
b.Tidak resmi(non formal leader)
c.Kekeluargaan
d.Paternalistik
e.Nepotisme

Sifat-sifat Pemimpin
Dapat dipelajari dari pepatah berikut:
1.      Pepatah jawa
Ing ngarso sung tulodo(dimuka memberi teladan)
Ing madya  mangunkarsa(di tengah membangun semangat)
Tut wuri handayani(dibelakang memberi pengaruh)
2.      Pepatah minangkabau
Sabatang kayu gadang ditangah padang
Tampek balinduang di waktu hujan
Tampek banauang di hari paneh
3.      Persepsi sosial dan pemahaman sosial.
4.      Ability in abstract thinking and mental adabtability(mampu memberikan penyelesaian terhadap segala persoalan dengan segala senang hati)

Kepemimpinan yang dibutuhkan dalam pembangunan masyarakat adalah pemimpin yang memiliki sifat-sifat seperti dikemukakan diatas sehingga pemimpin benar-benar dapat menjadi contoh dan memotifasi warga masyarakat untuk bersama-sama membangun bangsa dan Negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar